Banjir dan Longsor Masih Mengancam

Banjir dan Longsor  Masih Mengancam

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Banjir dan tanah longsor akibat guyuran hujan deras masih menjadi ancaman bagi warga Kaur khususnya. Sebab musim hujan di wilayah Kaur yang kerap terjadi beberapa hari terakhir in berpotensi terjadi bencana. Untuk itu warga diingatkan jika hujan terjadi saat malam, warga harus selalu waspada.

“Curah hujan masih tinggi ini berpeluang terjadinya akan bencana alam susulan, karena itu kita ingatkan kepada warga tetap Waspada,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur, Muljunias ST, kemarin (2/9).

Dikatakannya, jika hujan malam dan warga kurang waspada, ini yang membuat upaya antisipasi saat bencana terjadi kurang maksimal. Terlebih warga yang tinggal di titik rawan banjir, seperti di Kecamatan Kinal, Muara Sahung, Luas dan lainya. Juga selain banjir dan longsor, warga juga patut waspada angin puting beliung yang rawan terjadi di daerah pesisir.

“Selain longsor dan banjir kita himbau kepada masyarakat tetap waspada dengan bencana lainya, karena sekarang ini cuaca sedang buruk. Saya yakin kalau warga sering terjadi banjir sudah mulai siaga,” ujarnya.

Ditambahkanya, dengan kodisi cuaca saat ini tidak jarang, tanah yang berada di lokasi tebing kerap berakhir longsor, dan titik rawan longsor lihat grafis dibawa. Dalam upaya mengantisipasi kemungkinan terjadi longsor, Dinas PU PR bersama BPBD Kaur telah mewaspadakan alat berat.

Alat berat selalu siap berangkat (standby) jika sewaktu-waktu terjadi tanah longsor ataupun jalan tertimbun akibat tanah longsor.“Alat berat ini stanbay dan jika ada longsor langsung diterjunkan. Sehingga informasi dari masyarat sangat dibutuhkan. Agar penanganan bisa langsung dilakukan,” ujarnya.

Di lain sisi, Pemerintah Kabupaten Kaur melalui Dinas Ketahanan Pangan, Sabtu (1/9) memberikan bantuan kepada para petani di desa Tanjung Baru, Desa Tanjung Beringin Kecamatan Maje yang sawahnya yang siap panen terkena banjir akibat hujan deras itu. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Kaur dalam meringakan beban korban banjir.

“Yang kita berikan ini ada 75 orang, dan setiap orang itu kita berikan sebanyak 1200 Kg, dan mudah-mudahan bantuan beras ini dapat membantu keluarga korban bencana banjir,” kata Kepala DKP Kaur A. Rizkan Effendi SE melalui Kabid Distribusi Cadangan Pangan Surianto S Sos, Sabtu (1/9).(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: